Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Dorong Asuransi Pertanian

Kompas.com - 01/02/2016, 15:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perkembangan berbagai produk asuransi umum di Indonesia. Salah satu produk yang ditargetkan perekembangannya adalah asuransi pertanian.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Firdaus Djaelani menjelaskan, pihaknya kini tengah mendorong perkembagan asuransi pertanian. Selain itu, OJK juga tengah mengevaluasi untuk mengikutsertakan perusahaan asuransi lain sebagai penyalur asuransi pertanian, sebab saat ini hanya Jasindo yang menawarkan produk asuransi tersebut.

"Kalau bisa, semua petani ikut dalam asuransi pertanian. Lahan pertanian kita ada 15 juta hektar," kata Firdaus dalam jumpa pers Kinerja IKNB 2015 di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Menurut Firdaus, regulator juga akan menggalakkan perkembangan asuransi rangka kapal. Saat ini, kata dia, pihaknya masih dalam tahap pembicaraan dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Di samping itu, OJK juga akan memperkenalkan asuransi ternak sapi mulai tahun 2016 ini. Terkait hal itu, OJK masih dalam tahap pembicaraan dengan Kementerian Pertanian.

"Asuransi nelayan sedang dibahas skemanya, ini ada kaitannya dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Asuransi pariwisata juga sedang dalam pembicaraan teknis dengan Kementerian Pariwisata," jelas Firdaus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com