Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Turun

Kompas.com - 03/02/2016, 08:09 WIB
CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (2/2/2016) waktu setempat (Rabu pagi WIB). Penurunan ini lebih pada faktor teknikal setelah logam mulia terus naik dalam perdagangan sebelumnya.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April, turun 0,8 dollar AS, atau 0,07 persen, menjadi 1.127,20 dollar AS per ounce.

Pasar memberikan koreksi terhadap logam mulia setelah kenaikan dalam beberapa minggu terakhir akibat jatuhnya pasar saham AS sehingga mendorong emas ke posisi puncak hingga mencapai support level.

Namun, emas dicegah dari penurunan lebih jauh dan bertahan dalam rentang perdagangan yang sangat sempit, seiring dengan merahnya bursa saham AS.

Para analis mencatat, ketika saham membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman.

Sementara indeks dollar AS turun 0,2 persen menjadi 98,85 pada pukul 18.00 GMT. Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah.

Adapun perak untuk pengiriman Maret turun 5,4 sen, atau 0,38 persen, menjadi 14,289 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April turun 14,4 dollar AS, atau 1,65 persen, menjadi 855,70 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com