Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggunaan Biodiesel di Indonesia Capai 3,2 Juta Kilo Liter

Kompas.com - 04/02/2016, 15:36 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Per 21 Januari 2016, kandungan bahan bakar nabati (biodiesel) pada solar di Indonesia tercatat sebanyak 20 persen. Kenyataan ini berdampak pada berkurangnya impor bahan bakar. Sehingga, devisa negara bisa dimanfaatkan untuk hal lain. “Kebutuhan solar PSO di Indonesia pada 2016 sebanyak 16 juta kiloliter. Penggunaan biodieselnya 3,2 juta Kl, cukup signifikan terhadap penggunaan fosil,” ujar Edi Wibowo, Kasubdit Pelayanan dan Pengawasan Usaha Bioenergi Dirjen Energi Baru Terbarukan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di Bandung, Kamis (4/2/2016).

Edi mengungkapkan, biodiesel merupakan bahan bakar nabati yang digunakan untuk mesin atau motor diesel berupa ester metil asam lemak. Untuk Indonesia, bahan yang digunakan untuk biodiesel adalah kelapa sawit. “Sesuai mandatory, tahun ini digunakan B20 atau 20 persen biodiesel dalam kandungan solar. Ke depannya akan dikembangkan menjadi 30 persen,” ucapnya.

Pengembangan biodiesel, sambung Edi, sangat penting. Sebab, cadangan minyak terus menurun. Jika Indonesia tidak menemukan titik cadangan baru, pada12-13 tahun yang akan datang, persediaan sangat tipis. Atas dasar alasan itulah dikembangkanlah biodiesel.

Sejak diberlakukan Januari lalu, kata Edi, hingga kini belum ada keluhan ihwal pengembangan tersebut. Ke depan, pihaknya akan menggeser pengembangan energi ke Indonesia Timur. Karena saat ini infrastruktur di Indonesia Timur belum terbangun maksimal. “Kalau Jabar sudah siap, begitupun dengan Sumatera dan lainnya,” demikian Edi Wibowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com