Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Akan Lepas Unit Usaha Syariah Tahun Depan

Kompas.com - 04/02/2016, 19:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana melepas atau melakukan "spin off" unit usaha syariahnya (UUS) pada tahun 2017. Sebelum dilepas, unit usaha syariah tersebut akan terus didorong kinerjanya.

Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam paparan kinerja di Jakarta, Kamis (4/2/2016) mengatakan spin off usaha syariah sudah diatur dalam peta jalan (roadmap) BUMN yang disusun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bank BTN, bersama Bank Mandiri, BRI, dan BNI merupakan bank-bank BUMN.

Dalam roadmap tersebut, unit usaha dari Bank BUMN akan berdiri sendiri dan meningkat statusnya menjadi bank syariah. Selanjutnya, akan dibentuk holding yang membawahi bank-bank syariah BUMN.

Menurut Maryono, seiring spin off, Kementerian BUMN juga mengundang investor untuk menanamkam modalnya di bank syariah BUMN. Sebab, untuk menjadi bank yang berdiri sendiri, dibutuhkan modal yang cukup besar.

Berdasarkan laporan keuangan BTN tahun 2015, aset usaha syariah BTN mencapai Rp 13,27 triliun atau meningkat 19,06 persen dibanding tahun sebelumnya yang Rp 11,14 triliun. Penghimpunan dana usaha syariah BTN meningkat Rp 8,75 triliun menjadi Rp 11,11 triliun atau sebesar 26,95 persen.

Pembiayaan usaha syariah tercatat Rp 11,22 triliun atau tumbuh 16,37 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 9,65 triliun. Keuntungan usaha syariah BTN tercatat Rp 260,3 miliar atau tumbuh 28,79 persen dibanding tahun sebelumnya Rp 202,14 miliar.

BTN Perkembangan Laba Unit Usaha Syariah BTN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com