Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Patok Bunga 6,6 Persen untuk KPR Non Subsidi

Kompas.com - 05/02/2016, 11:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menawarkan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) non subsidi sebesar 6,6 persen.

Direktur Utama BTN Maryono menjelaskan, bunga ini akan diberikan saat acara Indonesia Properti Expo 2016 tanggal 13 Februari 2016 mendatang. Menurut Maryono, hal ini bertujuan untuk mendorong kepemilikan rumah bagi masyarakat.

"Saat ini KPR subsidi tetap 5 persen, non subsidi akan kita turunkan pada saat 13 Februari pada saat expo properti. Kita turunkan mulai 6,6 persen," kata Maryono di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Maryono menyebut, usai acara tersebut, maka perseroan akan menerapkan bunga rendah pada KPR non subsidi.

"Nanti dalam pameran, sebetulnya hitungan kita turun 9,6 persen karena promo bantuan 3 persen sampai April," jelas dia.

Adapun kredit BTN mencapai Rp 139 triliun di tahun 2015. Pencapaian tersebut naik 19,88 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 115,9 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 89,9 persen atau Rp 124,9 triliun merupakan kredit perumahan.

Secara total, penyaluran kredit BTN di atas rata-rata perbankan yang tumbuh 9,85 persen. "BTN tetap komitmen kita konsentrasi pembiayaan rumah segmen menengah bawah. Kredit perumahan mempunyai komposisi 89,9 persen atau 90 persen," tutur Maryono.

Menurut dia, hingga saat ini kredit pemilikan rumah BTN masih mendominasi pasar dengan porsi 30,6 persen. Dia menambahkan, Non Performing Loan (NPL) gross turun dari 4,01 persen menjadi 3,42 persen tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com