Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Bank Ini Pernah Menjual Celana "Door to Door"

Kompas.com - 05/02/2016, 16:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Glen Glenardi, jalan hidup adalah kuasa Tuhan. Selain itu, Glen juga memgang teguh bahwa bekerja dengan ikhlas merupakan hal utama, yang membuatnya bisa mencapai pencapaian tertinggi dalam kariernya, yakni menjadi Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk.

Sejak masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan manajemen di Universitas Jayabaya, Glen sudah mulai mencoba untuk bekerja. Beragam pekerjaan sudah digelutinya, namun masih berupa pekerjaan paruh waktu alias part time.

"Saya pernah di real estate dan sales juga. Saya memang dari mahasiswa itu sudah mulai jualan," kata Glen ketika berbincang dengan Kompas.com di ruang kerjanya, Selasa (2/2/2016) lalu.

Ada satu pengalaman hidup yang menurutnya cukup pahit, namun membuatnya memetik pelajaran yang besar untuk mengarungi hidup.

Saat ia masih menjadi mahasiswa, Glen pernah menjadi penjual celana. Setiap hari ia berkeliling dari satu kantor ke kantor lainnya membawa celana yang dijualnya.

Ketika itu, ia menjajakan celana dagangannya di kawasan jalan MH Thamrin. Jakarta. Glen mengenang, kala itu kawasan Thamrin belum ramai dipenuhi gedung perkantoran seperti saat ini. Otomatis, ia pun harus bekerja ekstra keras agar celana dagangannya laris.

"Saya pernah door to door jualan celana eks impor. Saya ketok-ketok kantor, jualan di Thamrin masih sepi. Gedung Jaya pernah saya masuki tuh. Ketok-ketok, diusir-usir," kenang Glen.

Tak hanya berdagang celana, Glen mengaku juga pernah berdagang pakaian yang dikulaknya di kawasan Pasar Uler. Ia mengenang, setiap hari ia menggendong tas besar berisi pakaian. Namun, diakuinya ketika itu ia senang-senang saja menjalani hidup.

Akhirnya, pengalaman yang pernah dialaminya ketika masih menjadi mahasiswa mengajarkan Glen sebuah pesan, yakni pekerjaan harus dinikmati. Selain itu, ia pun belajar untuk ikhas dan memandang pekerjaan sebagai sebuah ibadah.

"Keyakinan saya itu kerja adalah ibadah. Kalau ibadah itu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas. Kerja ikhlas bagi saya bukan sukses atau tidak, karena itu Tuhan yang atur. Yang penting lapangnya. Kita harus terima apapun yang kita hadapi, jangan lari dari kenyataan," ujar Glen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com