Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"BTPN Wow!" Tumbuhkan Kebiasaan Menabung di Masyarakat

Kompas.com - 06/02/2016, 07:30 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Uang recehan dari kembalian belanja kerap "disepelekan" karena nilainya yang tak terlalu besar. Namun lain ceritanya jika uang itu dikumpulkan terus menerus.

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah warga di wilayah Junrejo, Batu Malang. Mereka menjadi terbiasa untuk menabung sisa kembalian belanja setelah menjadi nasabah "BTPN Wow!".

Seorang agen "BTPN Wow!" di kawasan Junrejo Batu Malang, Nirawati (30) mengungkapkan banyak warga di sekitar rumahnya yang gemar menabung setelah menjadi nasabah "BTPN Wow!". 

Setiap kali ada uang kembalian dengan nominal kecil, para nasabah itu memilih untuk menabungnya.

"Di 'BTPN Wow! tidak ada batasan minimal uang yang ditabungkan. Para nasabah pun akhirnya memilih untuk menyimpan uang kembalian belanja mereka," kata Nira, Jumat (5/2/2016).

Uang tersebut akan diambil saat nasabah membutuhkan dana, seperti saat menjelang Lebaran.

Dia mengungkapkan hingga saat ini lebih banyak nasabah "BTPN Wow!" yang menabung ketimbang penarikan dana. Nominal uang yang ditabungkan antara Rp 2.000 hingga Rp 10.000 setiap kali menyetor.

"Saya menjaring nasabah dari berbagai kegiatan seperti PKK. Selain pedagang, nasabah saya juga ada yang menjadi guru. Mencari nasabah juga tidak sulit," ujar pemilik gerai ponsel, Queen Cell ini.

Nira adalah salah satu agen "BTPN Wow!" yang secara keseluruhan mencapai sekitar 21.000 agen. Adapun jumlah nasabah telah menyentuh kisaran 300.000 nasabah.

BTPN Wow! merupakan langkah Bank BTPN untuk mengimplementasikan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BTPN Wow! adalah rekening tabungan yang dapat diakses menggunakan ponsel GSM, meski tidak masuk jenis smartphone.

Untuk bisa melakukan transaksi ini, nasabah cukup menekan *247# melalui telepon genggam.

Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening, tarik dan setor uang melalui agen bank.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com