Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Sektor Wisata, BUMN Bentuk Jaringan Pariwisata

Kompas.com - 12/02/2016, 12:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor pariwisata menjalin kerja sama untuk meningkatkan potensi wisata dan mendorong perekonomian. Kerjasama ini merupakan bentuk sinergi BUMN yang merupakan pengembangan jaringan BUMN Pariwisata.

Sebanyak 5 BUMN dan anak usaha BUMN menandatangani perjanjian kerja sama tersebut. Antara lain PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT Hotel Indonesia Natour, PT Kereta Api Indonesia, PT Garuda Indonesia Tbk, PT Patra Jasa, dan PT Aerowisata.

Untuk sinergi hotel BUMN digawangi PT Hotel Indonesia Natour yang bersinergi dengan PT Aerowisata dan Patra Jasa.

Sinergi ini guna memperkuat dan meningkatkan jaringan perhotelan untuk membentuk jaringan internasional.

"Hotel-hotel milik pemerintah di Indonesia sepakat memperkuat posisi sebagai industri perhotelan yang layak diperhitungkan," ujar Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Iswandi Said di Kementerian BUMN, Jumat (12/02/2016).

Dia menambahkan, hampir semua hotel pemerintah menempati nilai yang strategis, memiliki nilai sejarah terkait perjalanan negara, dan menyebar di kota-kota besar.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini M Soemarno menjelaskan, pembentukan task force, pengembangan portal bersama, dan joint sales & marketing merupakan upaya yang dapat dilaksanakan untuk mendukung dan meningkatkan industri pariwisata nasional.

"Kesepakatan dan komitmen yang kuat harus terus dijunjung dalam pengembangan industri nasional," ungkap Rini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com