Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbar Banjir, Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Terkendali

Kompas.com - 12/02/2016, 18:43 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan stok pangan, harga, dan distribusi bahan pangan pokok pasca banjir di sejumlah daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, masih aman, stabil, dan terkendali.

Pantauan juga dilakukan di Pasar Gunung Malintang, Jorong Batu Balah yang berlokasi sekitar enam jam dari Kota Padang. Pasar ini menampung sekitar 100 pedagang.

“Kemendag akan mengusahakan perbaikan pasar ini,” kata Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis kemendag Robert James Bintaryo usai meninjau Desa Nagari Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, melalui rilis ke KOMPAS.com, Kamis (11/02/2016).

Antisipasi Arus Distribusi

Selain Kabupaten Lima Puluh Koto, jajaran Kementerian Perdagangan juga meninjau Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Hingga saat ini harga bahan pangan pokok terpantau stabil dan arus distribusi masih lancar.

Namun demikian, akses jalan utama Solok-Kerinci (Jambi) dilaporkan tergerus banjir sehingga menyebabkan satu jalur mengalami kerusakan.

Kondisi jalan masih bisa dilewati oleh kendaraan sedang, namun dikhawatirkan terputus jika hujan datang dan dapat menghambat transportasi bahan kebutuhan pokok di daerah tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com