Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Setuju Tahan Produksi, Harga Minyak Naik 7 Persen

Kompas.com - 18/02/2016, 05:49 WIB
Aprillia Ika

Penulis

NEW YORK/LONDON, KOMPAS.com - Harga minyak naik 7 persen pada penutupan perdagangan bursa di Amerika Serikat dan Eropa, Rabu (17/02/2016) atau Kamis dini hari.

Kenaikan harga minyak didorong sikap Iran yang akhirnya mendukung Rusia dan Arab Saudi untuk menekan produksi minyaknya hingga titik terendah.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh bertemu dengan sejumlah negara penghasil minyak seperti Venezuela, Irak dan Qatar di Tehran selama dua jam pada Rabu.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan untuk menahan laju produksi minyak untuk melakukan stabilisasi pasar.

Zanganeh, seperti diberitakan kantor berita Tehran Shana, secara eksplisit tidak mengatakan bahwa Iran akan mengurangi produksi minyaknya, namun sejalan dengan beberapa negara penghasil minyak utama seperti Rusia dan Arab Saudi, untuk membatasi produksi.

Pejabat Iran, berbicara sebelum pertemuan, mengatakan bahwa Iran akan terus memproduksi minyak sebelum sanksi perdagangan di 2012 berpengaruh kepada negara produsen minyak terbesar keempat dalam organisasi OPEC tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com