Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di China, Institusi Pendidikan Jadi Partner Utama Industri

Kompas.com - 19/02/2016, 05:04 WIB
LIUZHOU, KOMPAS.com - Institusi pendidikan menjadi partner yang penting bagi industri di China dalam pengembangan produk maupun pasokan tenaga kerja.

Sebagaimana yang dilakukan oleh perusahaan otomotif China, SAIC General Motor Wuling (SGMW). Perusahaan ini melakukan sinergi dengan institusi pendidikan untuk mengembangkan produk dan bisnisnya.

Dalam hal pengembangan produk misalnya, perusahaan patungan antara General Motor (GM) dan SAIC ini memilih untuk menggandeng universitas.

"Kami sama sekali tak tergantung pada GM untuk mengembangkan produk dan desain, melainkan menggandeng universitas," ujar manajemen SGMW, Kamis (18/2/2016).

Selain itu, perseroan juga menggandeng sekolah kejuruan atau SMK setempat untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Para siswa yang telah lulus disalurkan ke berbagai perusahaan yang memang membutuhkan pasokan tenaga kerja yang banyak.

Para siswa yang lulus mendapatkan pelatihan antara 6 bulan hingga 1 tahun untuk menjadi operator di pabrik mobil tersebut.

Hingga akhir 2015 SGMW berhasil menjual sebanyak 2 juta mobil dan tercatat sebagai perusahaan otomotif di China yang menguasai pasar MPV.

Adapun jumlah tenaga kerja yang bekerja di perusahaan ini mencapai sekitar 26.000 orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com