Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarung Produksi Indonesia Merambah Afrika dan Timur Tengah

Kompas.com - 23/02/2016, 16:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk UKM Indonesia kini telah banyak yang merambah pasar ekspor, tidak terkecuali produk sandang sehari-hari dan hasil bumi. Bahkan, nilai perdagangan UKM tersebut pun cukup besar.

Direktur Pelaksana II Indonesia Eximbank Isnen Sutopo menjelaskan, pasar tradisional ekspor produk UKM Indonesia antara lain Jepang, Singapura, dan Amerika Serikat.

Akan tetapi, Indonesia pun kini telah menjajaki pasar-pasar non tradisional, seperti kawasan Afrika dan Timur Tengah.

"Kita sudah ekspor sarung ke Timur Tengah dan Afrika. Hasil bumi kita sudah diekspor ke Pakistan dan Bangladesh. Itu semua pasar non tradisional untuk ekspor," kata Isnen di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Indonesia Eximbank, ujar Isnen, mencatat peningkatan porsi pembiayaan kepada UKM menjadi 9,71 persen pada tahun 2015, dari sebelumnya 8,21 persen pada tahun 2014.

Adapun nilai kredit kepada UKM pada tahun 2015 mencapai Rp 7,2 triliun. "Tahun 2016 kita targetkan Rp 12 triliun, naik 25 persen kira-kira," jelas Isnen.

Indonesia Eximbank terus melakukan upaya mendukung penetrasi ke pasar-pasar non tradisional. Hal ini dilakukan dengan adanya pembiayaan ke negara seperti Bangladesh, Hong Kong, Kamboja, Meksiko, Italia, Vietnam, dan Guatemala sebesar Rp 21,5 triliun, naik 62 persen dari tahun lalu.

Secara keseluruhan, Indonesia Eximbank melaporkan peningkatan ekspansi pembiayaan mencapai Rp 74,8 triliun pada tahun 2015, naik 35,55 persen secara year on year.

Sementara itu, laba bersih Indonesia Eximbank sepanjang tahun 2015 mencapai Rp 1,43 triliun, naik 20,74 persen year on year.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com