Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Penyerapan Anggaran Kementerian ESDM Tembus 90 Persen

Kompas.com - 29/02/2016, 13:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi memberikan target penyerapan anggaran 2016 di atas 90 persen kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Jokowi meminta target itu harus tercapai. "ESDM tahun ini serapan anggaran harus di atas 90 persen. Harus, tidak boleh ditawar," kata Jokowi, di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Jokowi pada hari ini menyaksikan penandatanganan Kontrak APBN pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kementerian ESDM tahun 2016.

Terdapat 133 paket kontrak yang ditandatangani senilai Rp 3,04 triliun. (Baca: Jokowi Minta Menterinya Siapkan Stok Energi)

Kementerian ESDM pada tahun anggaran 2016 memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp 8.563,9 miliar.

Anggaran tersebut terdiri dari Rp 4.326,2 miliar belanja barang, Rp 2.646,5 miliar belanja modal, Rp 834,5 miliar belanja pegawai dan Rp 756,7 miliar berupa output cadangan.

"Saya kira memang kita tinggalkan pola-pola lama. Besok harus sudah bekerja, cepat ditandatangani dan cepat dikerjakan, tapi jangan kualitasnya jelek," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com