Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laut China Selatan Kian "Panas", Wapres Percaya China

Kompas.com - 29/02/2016, 15:21 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan China mereklamasi lahan dan menempatan peralatan militer di pulau-pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan memicu ketegangan baru di sejumlah negara Asean.

Namun Wakil Presiden Jusuf Kalla percaya China tak berniat menguasai Laut China Selatan. Sebab, hal itu diyakini akan menimbulkan ketegangan berbagai negara.

"Tidak mungkin menurut saya China bukan niatnya untuk menguasai wilayah itu secara kekuatan," ujar Kalla di Jakarta, Senin (29/2/2016).

Wapres menjelaskan, China menginginkan suatu pelayaran yang damai di Laut China Selatan. Sebab, damainya kawasan tersebut akan bermanfaat besar bagi ekonomi negeri Tirai Bambu itu.

Indonesia, kata Wapres, percaya pandangan Presiden Xi Jin Ping bahwa China merupakan negara industri yang sangat bergantung kepada ekspor dan impornya. Oleh karena itu, Kalla yakin China berkepentingan mewujudkan kawasan yang damai di Laut China Selatan.

"Kalau tidak damai macam mana, pasti ekspor China langsung drop," kata Kalla.

Menurut Wapres, jalan terbaik meredakan ketegangan di Laut China Selatan tak lain dan tak bukan yakni berdialog. Sebab, kawasan tersebut juga menyimpan banyak sumberdaya alam.

"Jalan yang terbaik ialah bekerja bersama-sama untuk ekspolrasi di situ sesuai dengan wilayah masing-masing," ucap Wapres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com