Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Ini Berminat Bangun Kilang di Indonesia

Kompas.com - 01/03/2016, 04:57 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mengatakan, percepatan pembangungan kilang di Indonesia sudah berjalan dengan baik.

Bahkan, sejumlah negara sudah menunjukan minatnya untuk membangun kilang.

"Ada yang sudah masuk sedang kita pikirkan, kita juga dengar ada Rusia berminat, Kuwait, Arab Saudi, China," ujar Menteri ESDM Sudirman Said di Jakarta, Senin (29/2/2016).

Sementara itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menambahkan, selain Rusia, Kuwait, Arab Saudi, dan China, negara lain yang berminat membangun kilang di Indonesia yakni Irak, Iran, dan Thailand.

Sementara terkait skema pembangunannya, Kementerian ESDM belum mau banyak bicara. Sebab, masih dalam tahap negosiasi.

Menurut Sudirman, ada empat skema pembangunan pembangun kilang di Indonesia yakni melalui APBN, penugasan badan usaha, kerjasama pemerintah dan badan usaha, serta satu lagi murni swasta.

Sebelumya, Presiden Jokowi menginginkan agar keputusan pembangunan kilang diputuskan tahun ini. Bahkan, ia mempersilakan negara manapun untuk berinovasi.

"Silakan negara manapun yang punya crude oil silahkan bangun. Buat stok di sini. Supaya rantai pasok tidak terlalu panjang, tidak usah lewat trader lagi. Negara manapun silahkan," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com