Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Teken MoU dan Perjanjian Induk dengan Delapan BUMN

Kompas.com - 02/03/2016, 00:13 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dan Perjanjian Induk dengan delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hari ini Selasa (1/3/2016).

Nota kesepahaman dan Perjanjian Induk tersebut dalam rangka integrasi logistik-maritim untuk akselerasi konektivitas nasional.

"Terhitung besok apabila ada MoU tidak jalan, akan kami tinjau tiga bulan ke depan. MoU tidak akan diperpanjang kalau tidak ada pertimbangannya," kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Pontas Tambunan, Selasa (1/3/2016).

MoU ditandatangani oleh Pelindo II dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), PT Antam (Persero) Tbk,. PT Inalum (Persero), PT Semen Padang (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Sementara Perjanjian Induk diteken oleh Pelindo II dengan Pelindo I dan Pelindo IV. 

Menurut Pontas, MoU dan Perjanjian Induk tersebut tidak hanya menyangkut sektor kepelabuhanan. Namun juga sektor industri, logistik, infrastruktur dan ketenagalistrikan.

Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno menyaksikan penandatanganan MoU dan Perjanjian Induk tersebut.

Dia berharap hal ini dapat mempercepat implementasi 10 dari 225 proyek strategis nasional, sesuai Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional

Menurut Rini, Indonesia tidak hanya perlu membangun fasilitas kepelabuhanan yang baik untuk mendukung program tol laut.

"Mutlak perlu dibangun integrasi logistik-maritim untuk memberikan solusi nyata kepada aktivitas berbagai industri terkait secara sinergis,” jelas Rini.

Isi Perjanjian

Pertama, perjanjian induk antara Pelindo II dengan Pelindo I tentang Rencana Kerjasama Proyek Pengembangan Pelabuhan-Pelabuhan di Kawasan Barat Indonesia.

Kedua, MoU antara Pelindo II dengan Pelindo IV tentang Rencana Kerjasama Proyek Pengembangan Pelabuhan-Pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia.

Ketiga, MoU antara Pelindo II dengan Waskita Karya tentang Rencana Kerjasama Pembangunan dan Pengoperasian serta Sinergi Ruas Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dengan Ruas Jalan Tol Cibitung – Cilincing.

Keempat, MoU antara Pelindo II dengan Krakatau Steel tentang Rencana Kerjasama Pemanfaatan Lahan Krakatau Steel dan Pengoperasian PT Pelabuhan Krakatau Bandar Samudera.

Kelima, MoU antara Pelindo II dengan Antam dan Inalum tentang Rencana Kerjasama Dalam Penggunaan Pelabuhan Kijing Dalam Rangka Mendukung Smelter Grade Alumina (SGA) Refinary di Provinsi Kalimantan Barat.

Keenam, MoU antara Pelindo II dengan PLN tentang Penyiapan Rencana Kerjasama Bidang Kepelabuhanan dan Ketenagalistrikan dalam Rangka Sinergi BUMN.

Ketujuh, MoU antara Pelindo II dengan Semen Padang tentang Rencana Kerjasama Pembangunan dan Pengoperasian Dermaga, Fasilitas Pengantongan Semen serta Fasilitas Pendukung lainnya di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com