Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla: Deflasi Juga Bisa Berbahaya untuk Perekonomian

Kompas.com - 02/03/2016, 00:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) di Februari 2016 mengalami deflasi sebesar 0,09 persen. Namun Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengingatkan, deflasi tak selalu baik bagi ekonomi.

"Bila deflasi terjadi dua atau tiga bulan, hal itu justru berbahaya. Deflasi itu artinya terjadi penurunan harga salah satunya karena turunnya permintaan. Jadi deflasi tidak selalu baik," ujar Wapres Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Oleh karena itu, kata dia, daripada deflasi lebih dari dua bulan, lebih baik Indonesia mengalami inflasi sedikit. Sebab, inflasi menandakan indeks harga konsumen naik lantaran adanya ekonomi yang bergerak.

Pemerintah sendiri ucap dia, tidak akan mengambil jalan menutup keran impor. Wapres Kalla yakin persoalan utamanya bukan pada impor atau tidak.

"Tapi yang lebih penting itu meningkatkan seluruh produksi dalam negeri, seperti beras, padi, jagung, daging (supaya harga pangan tetap terjaga) ," kata Wapres Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com