Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Bunga Deposito BCA Akan Stagnan di Level 5,75 Persen

Kompas.com - 03/03/2016, 20:25 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan, tidak akan lagi menurunkan suku bunga deposito pada tahun ini. Sebab, suku bunga deposito BCA sudah rendah di level 5,75 persen.

"Kalau dibandingkan BI rate yang 7 persen, bunga deposito kami malah sudah minus 1,25 persen. Artinya, kami tidak mungkin turunkan lagi. Kalau turunkan lagi, habis dana kami," ucap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dalam paparan kinerja, di Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Jahja menjelaskan, sejak Februari 2015 hingga Oktober 2015, BCA telah menurunkan suku bunga deposito sebesar 0,25 persen per bulan.

Dengan demikian, selama delapan bulan itu bunga deposito BCA sudah turun 2 persen atau 200 basis poin dari sebelumnya 7,75 persen menjadi 5,75 persen.

Jahja menerangkan, kebijakan korporasi untuk menurunkan suku bunga deposito saat itu disebabkan BCA mengalami kelebihan likuiditas, sebagai imbas lesunya perekonomian.

Jahja mengaku, pada waktu itu BCA tidak membutuhkan banyak dana deposito. Tapi pada tahun ini, Jahja menambahkan, BCA lebih optimistis memandang geliat ekonomi.

Meski enggan menyebutkan angkanya, Jahja juga bilang BCA optimistis penyaluran kredit tahun ini lebih tinggi daripada 2015.

Sebagai informasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana mengeluarkan kebijakan batas atas suku bunga deposito kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III dan IV.

Untuk bank dengan modal inti antara Rp 5 triliun hingga Rp 30 triliun, batas atas bunga deposito 100 basis poin diatas BI rate.

Sedangkan untuk bank bermodal inti di atas Rp 30 triliun, batas atas bunga deposito dipatok 75 basis poin diatas BI rate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com