Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Ekonomi Dunia Bergejolak, Jumlah dan Kekayaan Miliarder Melorot

Kompas.com - 04/03/2016, 13:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Forbes baru saja merilis daftar orang-orang terkaya di dunia tahun 2016. Akan tetapi, jumlah dan kekayaan para miliarder dunia ini mengalami penuruan yang cukup signfikan.

Menurut Forbes, pasar saham yang fluktuatif, harga minyak dunia yang terus mengalami penurunan, dan menguatnya nilai tukar dollar AS menyebabkan pergeseran kekayaan di seluruh dunia.

Selain itu, Forbes juga menemukan adanya penurunan kekayaan untuk pertama kalinya sejak tahun 2009.

Untuk tahun ini, Forbes merilis 1.810 daftar orang-orang terkaya di dunia. Jumlah itu turun dari tahun lalu sebanyak 1.826 orang.

Selain itu, kekayaan mereka mencapai 6,48 triliun dollar AS, lebih rendah 570 miliar dollar AS dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ini adalah pertama kalinya sejak 2010 bahwa rata-rata kekayaan miliarder menurun, kini mencapai 3,6 miliar dollar AS, turun 300 juta dollar AS dibandingkan tahun lalu," tulis Forbes seperti dikutip pada hari Jumat (4/3/2016).

Forbes pun 'menendang' 221 orang dari daftar orang terkaya di dunia tahun ini, sementara itu 198 orang miliarder baru dimasukkan dalam daftar.

Bill Gates tetap menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan 75 miliar dollar AS, turun 4,2 miliar dollar AS dibanding tahun lalu. Amancio Ortega, pendiri perusahaan mode Zara, berada di peringkat kedua dan ketiga adalah investor kawakan Warren Buffett.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com