Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Berkomitmen Pada Perdagangan di "Trans-Pacific Partnership"

Kompas.com - 10/03/2016, 07:30 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters
WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyatakan komitmen penuh pada skema perdagangan trans pasifik atau Trans-Pacific Partnership (TPP).

Obama mendorong Kongres untuk meratifikasi kesepakatan TPP walaupun sentimen protes dari pihak anti perdagangan meningkat pada kampanye calon presiden, menurut keterangan Susan Rice, National Security Adviser, Rabu.

Kandidat presiden dari partai Republik Donald Trump dan dari Partai Demokrat Bernie Sanders memanfaatkan kemarahan serta kekhawatiran publik akan skema perdagangan TPP tersebut untuk mendongkrak popularitas kampanyenya.

"Presiden tetap berkomitmen untuk mencapai ratifikasi dan mendorong semua partner TPP unttuk melalui proses domestik yang sama," kata rice kepada Reuters.

Untuk Obama, TPP merupakan isu warisan. AS dalam hal ini harus berdiri dalam satu pakta perjanjian dengan nefara lain yang juga memiliki ekspektasi tinggi pada kerja sama ini.

Di saat yang sama, Obama harus berbeda pandangan dengan Clinton, rekan politik terdekatnya, yang juga khawatir akan skema pakta perdagangan ini.

Menurut Obama, skema TPP akan memperluas pasar AS untuk para eksportir dan mendoorng peningkatan standar pekerja dan lingkungan kerja, yang bukan merupakan bagian dari North American Free Trade Agreement dengan Kanada dan Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com