Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Merangkak Naik ke Level Tertinggi di 2016

Kompas.com - 18/03/2016, 06:28 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters
NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak dunia mencapai level tertinggi sepanjang 2016 pada perdagangan Kamis (17/3/2016) atau Jumat dini hari (WIB).

Harga minyak mentah di Amerika Serikat (US crude) naik 5 persen dan menembus angka diatas 40 dollar AS per barel.

Optimisme pasar disebabkan sentimen akan kesepakatan bersatunya produsen utama minyak dunia untuk menahan produksinya pada bulan depan, walaupun ada kenaikan ekspor minyak mentah dan bensin di AS.

Sementara itu, dollar As melemah pasca keputusan Federal Reserve (Fed), bank sentral AS, pada Rabu lalu. Fed mengindikasikan dua kali kenaikan suku bunga acuan di tahun ini dari estimasi semula empat kali. Hal ini mendorong pembeli minyak menggunakan mata uang euro.

sementara pentolan OPEC yakni Arab Saudi dan negara produsen minyak non-OPEC yang dipimpin Rusia akan bertemu pada 17 April 2016 di Doha, ibukota negara Qatar, untuk membentuk kesepakatan penahanan produksi untuk pertama kali dalam 15 tahun.

"Jika kesepakatan berhasil, akan mendorong pasar turun sebagai bentuk pertahanan," kata Pete Donovan, broker di  Liquidity Energy di New York.

Harga minyak telah meningkat lebih dari 50 persen, setelah mengalami harga terendah dalam 12 tahun terakhir. Hal itu terjadi sejak negara produsen minyak OPEC mengembangkan ide untuk menahan produksi.

Hal itu mendorong kenaikan Brent sekitar 27 dollar AS per barel dan US crude sekitar 26 dollar AS per barel.

Pada perdagangan Kamis, bursa berjangka US crude WTI CLc1 untuk pengiriman bulan depan mencapai kenaikan 1,74 dollar AS atau naik 4,5 persen ke level 40,20 dolar AS per barel.

Sementara untuk pengiriman Brent crude LCOc1 bulan depan naik 2,21 dollar As per barel menjadi 41,54 dollar AS per barel.

"Untuk saat ini, pasar sepertinya sangat terdorong. Akan sulit untuk kembali menembus harga terendah minyak pada tahun ini," kata Olivier Jakob, analis minyak pada Petromatrix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com