Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Jalin Kerja Sama dengan Bank Sentral Timor Leste

Kompas.com - 23/03/2016, 12:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperluas kerja sama internasional dengan menyepakati nota kesepahaman dengan Bank Sentral Timor Leste Banco Central de Timor-Leste (BCTL).

Kerja sama ini mencakup pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas pengawasan di bidang sektor jasa keuangan, pengawasan operasional lintas batas, serta pengembangan inklusi keuangan.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dan Gubernur BCTL Abraão de Vasconselos di Dili, Timor Leste, Selasa (22/3/2016).

Dalam sambutannya, Muliaman mengatakan, kerja sama ini, selain untuk meningkatkan pengawasan operasional lintas batas, juga untuk membuka jalan bagi industri jasa keuangan Indonesia mengembangkan bisnisnya di Timor Leste.

"Potensi bisnis di Timor Leste sangat besar karena Indonesia adalah mitra dagang paling besar. Jadi, kita harapkan, akan banyak industri keuangan kita masuk ke Timor Leste," kata Muliaman dalam keterangan resmi, Rabu (23/3/2016).

Menurut Muliaman, BRI akan masuk ke Timor Leste pada kuartal kedua 2016, diikuti dengan Bank Mandiri dan Asuransi Sinar Mas yang sudah beroperasi di Timor Leste.  

Sementara itu, Gubernur BCTL Abraão de Vasconselos mengatakan, kerja sama dengan OJK akan sangat menguntungkan karena bisa mendukung kemajuan perekonomian negara tersebut, yang perdagangannya bergantung pada Indonesia.

"Selain pengawasan sektor jasa keuangan lintas batas. Kerja sama di bidang inklusi keuangan bisa membantu kita meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan," kata Abraão.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com