Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sun Life Financial Ambil Alih 51 Persen Saham CIMB Sun Life di Indonesia

Kompas.com - 24/03/2016, 05:30 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sun Life Financial Inc memutuskan untuk mengambilalih 51 persen saham PT CIMB Sun Life dari mitra jangka panjang CIMB Group, pada Rabu (23/3/2016).

Transaksi ini diharapkan dapat selesai pada akhir kuartal ketiga 2016, dan masih menunggu persetujuan dari regulator dan pemenuhan atas syarat-syarat penyelesaian pada umumnya.

Sun Life bermaksud untuk mengintegrasikan seluruh bisnis CIMB Sun Life di bawah satu merk dagang Sun Life, yakni melalui PT Sun Life Financial Indonesia.

Hal ini merupakan langkah utama dalam mematuhi kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pembatasan kepemilikan tunggal (single presence policy).

Bersamaan dengan pengambilalihan tersebut, Sun Life Financial Indonesia juga mempererat kemitraan dengan CIMB Group melalui perluasan perjanjian bancassurance dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga).

Seperti diketahui, CIMB Niaga merupakan bank kelima terbesar di Indonesia berdasarkan aset per 31 Desember 2015.

Perjanjian ini akan memperkuat kemampuan distribusi melalui lebih dari 618 cabang bank CIMB Niaga dan jaringan nasabah yang kuat di seluruh Indonesia.
 
Nasabah asuransi jiwa CIMB Sun Life akan dapat terus memiliki akses terhadap berbagai program pengelolaan kekayaan dan solusi asuransi jiwa yang menyeluruh seperti sebelumnya dari Sun Life Financial Indonesia.

Kevin Strain, Presiden Sun Life Financial Asia, mengatakan pengambilalihan ini merupakan kesempatan yang sangat menarik untuk memperluas serta meningkatkan bisnis mereka di Indonesia.

Menurut Strain, Indonesia merupakan pasar utama untuk kelangsungan pertumbuhan dan komitmen Sun Life Financial di Asia.

Dia menambahkan, kebijakan kepemilikan tunggal dan menyatukan bisnis di bawah Sun Life Financial Indonesia akan memberikan kemampuan yang lebih besar untuk dapat melayani nasabah dengan lebih baik.

"Ini termasuk investasi yang lebih efisien dalam bidang teknologi, produk, dan merek. Kami juga sangat gembira dapat memperkuat kemitraan kami dengan CIMB Group, yang juga merupakan mitra bancassurance jangka panjang Sun Life,” kata Strain, melalui rilis ke Kompas.com.

Pengambilalihan saham ini juga merupakan kelanjutan dari komitmen Sun Life untuk Indonesia yang telah diumumkan sebelumnya dengan nilai investasi sebesar 40 juta dollar AS.

Investasi tersebut untuk meningkatkan kualitas dan jumlah tenaga pemasar, meningkatkan penetrasi pasar melalui online dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek perusahaan.

Di awal tahun ini, Sun Life Financial Indonesia telah membuka 3 (tiga) kantor baru di Jawa Timur dan pada 2015 lalu memindahkan kantor pusat perusahaan ke Menara Sun Life di Jakarta.

Pengintegrasian bisnis ini akan dipimpin oleh Elin Waty, yang akan tetap menjabat sebagai Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia dan juga akan segera menduduki jabatan sebagai Country Manager.

Sedangkan Vivien Kusumowardhani akan tetap menjabat sebagai Presiden Direktur CIMB Sun Life sampai dengan proses integrasi selesai dan selanjutnya beliau akan terus mendukung operasional Sun Life di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com