Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blok Masela Jadi Dibangun di Darat, Rizal Ramli Kebanjiran SMS

Kompas.com - 24/03/2016, 16:44 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan Presiden Jokowi mengembangkan lapangan gas Blok Masela dengan membangun kilang di darat (onshore) banyak dinilai sebagai kemenangan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli.

Namun, Rizal enggan jumawa. Ia menganggap keputusan Presiden Jokowi itu sebagai kemenangan bersama. Bahkan Rizal mengaku mendapatkan banyak SMS dari rakyat Maluku.

"Rakyat Maluku senang sekali banyak yang SMS saya terharu mereka sedih dan gembira ternyata Presiden jokowi betul-betul sungguh-sungguh melaksanakan (konstitusi) supaya SDA sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia," ujar Rizal saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Menurut Rizal, pihak yang paling diuntungkan dari pengembangan Blok Masela di darat adalah rakyat Indonesia. Ia yakin manfaat Blok Masela jauh lebih besar dirasakan masyarakat.

"Kalau kita cuma nyedot gas pakai floating, dapatnya setahun hanya 2,5 miliar dolar, tapi kalau kita bikin kota seperti Balikpapan baru, 90 km dari situ bisa bikin pabrik pupuk bikin industri petrokimia, satu tahun Indonesia dapat 6,5 miliar dollar, dua kali lipat manfaatnya," kata dia.

Sebelumya, Presiden Joko Widodo memutuskan pembangunan kilang pengolahan gas dibangun di darat (onshore).

Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan berbagai masukan, khususnya soal efektivitas proyek jangka panjang dan anggaran yang besar.

"Dari kalkulasi, dari perhitungan, dari pertimbangan-pertimbangan yang sudah saya hitung, kami putuskan dibangun di darat," ujar Jokowi di Bandara Supadio, Kalimantan Barat, Rabu (23/3/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com