Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Samsung Naik, Sinyal Harapan Bagi Industri Smartphone

Kompas.com - 07/04/2016, 10:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co Ltd menyatakan, laba operasional pada kuartal I 2016 diprediksi naik 10,4 persen dibandingkan tahun lalu.

Penyataan ini melawan ekspektasi dan didorong kuatnya penjualan smartphone baru Galaxy S7.

Outlook ini pun memberikan sinyal harapan bagi bisnis mobile Samsung yang kini tengah berjuang untuk kembali membukukan laba tahunan pertama dalam tiga tahun.

Penguatan ini didorong produk premium baru dan perbaikan perangkat kelas menengah ke bawah.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (7/4/2016), Samsung menyatakan laba operasional pada kuartal I 2016 kemungkinan mencapai 6,6 triliun won atau 5,72 miliar dollar AS.

Capaian ini di atas prediksi analis yang diproyeksikan 5,6 triliun won. Meskipun demikian, pihak Samsung tidak akan mengumumkan rincian kinerja keuangan perusahaan hingga akhir April.

Samsung pun tidak memberikan komentar apapun terkait kinerja seluruh divisi. Banyak analis telah menaikkan proyeksi kinerja keuangan Samsung sejak akhir Maret lalu.

Revisi ini didasarkan pada laporan penjualan model Galaxy S7 yang lebih baik dari prediksi, menampilkan fitur kamera yang lebih baik, tahan air, dan dukungan penyimpanan data menggunakan microSD.

Samsung pun mengharapkan pendapatan pada kuartal I 2016 ini tumbuh 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 49 triliun won.

Kompas TV Bahtera Tanpa Kepastian Bernama Digital- Satu Meja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com