Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Turun Kekhawatiran Pertumbuhan Pasar Global

Kompas.com - 08/04/2016, 08:58 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Indeks saham Amerika Serikat (AS) di Wall Street, Kamis (7/3/2016) atau Jumat dini hari WIB, tercatat turun.

Penurunan ini akibat tergelincirnya harga minyak serta kekhawatiran akan perekonomian global yang kembali menguat sentimennya.

Kekhawatiran ini menyeret dollar turun terhadap yen dan menyebabkan investor menjual aset berisiko.

Indeks S&P mencatatkan persentase loss tertinggi sejak enam minggu, sementara tumbuhnya kekhawatiran akan perekonomian global terutama pada sektor keuangan di suku bunga. Sektor finansial S&P turun 1,9 persen dan menyeret keseluruhan indeks S&P ke arah negatif.

"Ada kekhawatiran akan lambatnya perekonominan global," kata Michael O'Rourke, chief market strategist di JonesTrading di Greenwich, Connecticut.

"Saya pikir kita melihatpasar percaya bahwa kebijakan bank sentral dan diskusi pada suku bunga negatif telah memudarkan potensi return dan pada poin ini menciptakan lebih banyak potensi negatif, serta lebih banyak ketidakpastian dibanding stabilitas."

Indeks Dow Jones ditutup turun 174,09 poin atau 0,98 persen ke level 17.541,96. Indeks S&P 500 turun 24,75 poin atau naik 1,2 persen ke level 2.041,91 dan Nasdaq Composite turun 72,35 poin ke level 4,848,37.

Dollar jatuh 1,6 persen terhadap Yen.

Kompas TV Bagaimana Posisi Harga Minyak Dunia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com