Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Aplikasi Mobile, Penghasilan Petani Bisa Naik 15 Persen

Kompas.com - 11/04/2016, 11:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Untuk mendukung program ekonomi kerakyatan, berbagai kementerian menelurkan ragam program.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Perdagangan mendorong penggunaan aplikasi berbasis mobile bagi petani.

Menkominfo Rudiantara menjelaskan, salah satu program yang didorong adalah penggunaan aplikasi mobile di mana petani dapat menjual langsung produknya kepada konsumen. Aplikasi ini salah satunya adalah 5 Kilo.

"Contohnya bisa beli bawang langsung. Nanti diantar. Petani bisa menjual dengan harga lebih baik dan konsumen bisa membeli dengan harga lebih murah," kata Rudiantara kepada wartawan di Cirebon, Senin (11/4/2016).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong menyatakan, keberadaan aplikasi mobile semacam ini ditargetkan mampu meningkatkan penghasilan petani.

Pasalnya, petani dapat langsung menjual produknya kepada konsumen. "Yang aplikasi 5 Kilo targetnya penghasilan petani naik 15 persen dan harga konsumen turun 15 persen," ujar Thomas.

Selain itu, ia menjelaskan, kelebihan aplikasi mobile bagi petani dan konsumen adalah kedua belah pihak dapat memantau harga secara jujur dan real time.

Soalnya, harga jual dan harga beli yang tertera adalah harga riil di pasar. "Bagusnya aplikasi digital adalah data real time, bisa dilihat harga jual dan harga beli petani yang dibayar. Ada record-nya," terang Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com