Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said: Pencabutan Subsidi Listrik Tergantung Situasi

Kompas.com - 11/04/2016, 14:57 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah belum memberikan kepastian apakah subsidi listik untuk pelanggan golongan 900 volt ampere (VA) akan dicabut.

Namun demikian, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menuturkan, sesuai dengan hasil sidang kabinet terbatas terakhir, pihaknya telah menyelesaikan verifikasi pelanggan PLN yang masuk kategori pelanggan subsidi.

"Verifikasi sudah selesai. Nanti kami laporkan. Nanti keputusan pemerintah bagaimana, segera atau ditunda? Jadi tergantung situasi," ucap Sudirman di Jakarta, Senin (11/4/2016).

Sudirman menegaskan, angka 18 juta pelanggan yang disebut-sebut akan kena pencabutan subsidi, merupakan hasil verifikasi tim.

Sebagai informasi, catatan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, dari total pelanggan 900 VA sebanyak 22 juta orang yang menerima subsidi selama ini, hanya 4 juta yang sebenarnya berhak menerima subsidi.

Dengan disetopnya subsidi itu, maka nantinya mereka yang biasa membayar Rp 616 per kilowatthour (KwH), bakal membayar Rp 1.400 per kWh.

Kompas TV Penurunan Harga BBM Disambut Baik Pengguna Motor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com