Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Pusat Pelatihan Pramugari Lion Air di Balaraja Tangerang

Kompas.com - 14/04/2016, 17:14 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Pramugari adalah bagian yang tak terpisahkan dalam penerbangan. Tak hanya melayani penumpang dan menjamin kenyamanannya, ada tugas lainnya yang juga tak kalah penting yakni ikut menjaga keselamatan penerbangan.

Menilik beratnya tugas yang dipikul kru penerbangan tersebut, diperlukan pelatihan khusus agar mereka bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Seperti yang ada pada pusat pelatihan pramugari di Komplek Lion City Balaraja, Tangerang, Banten. Di lokasi ini para calon pramugari mendapatkan pelatihan tentang berbagai hal, seperti menghadapi kondisi darurat.

Pelatihan emergency ini dilalui dengan empat tahapan, yaitu mulai dari pembelajaran di kelas, pelatihan memadamkan api, melakukan penyelamatan di darat dan melakukan penyelamatan di air.

Kompas.com/ Pram Dia Arhando Suasana pelatihan pramugari Lion Air dalam kelas, di Lion City, Balaraja Tangerang Banten, Kamis (14/4/2016).

"Pelatihan calon Pramugari Lion Group dilakukan 3 sampai 4 bulan. Ini salah satu tahapan pelatihan yaitu pelatihan emergency, yang dilakukan dalam satu hari," terang Instruktur Emergency Angkasa Training Center Wina Balina, Kamis (14/3/2016).

"Untuk di air, mereka akan terjun dari pintu darurat, dan gimana cara berenang yang benar setelah terjun, jadi tidak asal saja," jelas Wina.

Seperti yang terlihat pada hari ini, dengan menggunakan pelampung yang melekat di leher, para calon pramugari terjun satu per satu ke dalam air dan mengevakuasi para penumpang.

Selain itu, ara pramugari harus siap menghadapi serangan bawah air dari hewan, seperti halnya serangan Hiu.

"Mereka harus tau bagaimana cara menaikkan penumpang ke dalam perahu karet itu, dan bagaimana cara bertahan di atas laut," tutup Wina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com