Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Dikabarkan Bakal PHK Ribuan Karyawan

Kompas.com - 16/04/2016, 14:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Raksasa teknologi dunia, Intel Corp, menyatakan bakal memangkas ribuan karyawan pada musim semi tahun ini.

Selain itu, Intel akan mengurangi jumlah karyawan di beberapa unit bisnis hingga persentase dua digit.

Mengutip Reuters, Sabtu (16/4/2016), pengurangan jumlah karyawan Intel Corp kali ini lebih besar dari pemangkasan sebelumnya.

Tahun lalu, perusahaan pembuat chip terbesar di dunia itu melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.100 karyawan di AS.

Tahun ini, Intel juga berencana untuk melakukan konsolidasi beberapa operasi dan menutup beberapa pabrik yang lebih kecil setelah sejumlah rangkaian akuisisi.

Pemangkasan jumlah karyawan tersebut dilakukan hingga level eksekutif. Pekan lalu, Intel menyatakan bahwa dua eksekutifnya memutuskan untuk hengkang dari perusahaan itu. 

Informasinya, pemutusan hubungan kerja akan dimulai setelah Intel mengumumkan kinerja keuangannya untuk periode kuartal I 2016.

Saat ini, jumlah karyawan Intel mencapai 107.300 orang. Namun demikian, perusahaan teknologi ini enggan berkomentar lebih jauh perihal rencana pemangkasan jumlah karyawan tersebut.

Pada tahun 2014 silam, Intel mengutarakan rencanana untuk memangkas 5 persen dari jumlah tenaga kerjanya atau lebih dari 5.000 orang.

Pasalnya, Intel berjuang untuk tetap bertahan di tengah jatuhnya penjualan perangkat komputer dan pergeseran fokus pada area yang tumbuh lebih pesat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com