Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester II-2016, Bank Mandiri Bakal Terbitkan Obligasi

Kompas.com - 20/04/2016, 16:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan melakukan aksi korporasi berupa penerbitan obligasi. Direktur Finance and Treasury Bank Mandiri Pahala N Mansury menjelaskan, aksi korporasi tersebut akan dilakukan pada semester II-2016.

Pahala mengatakan, penerbitan obligasi tersebut dalam mata uang rupiah. Akan tetapi, ia belum dapat menyebutkan nilai obligasi yang akan diterbitkan.

"Kami ada rencana terbitkan bonds di semester II. Nilainya belum, yang jelas kami akan lakukan berkelanjutan, jadi PUB (penawaran umum berkelanjutan) bentuknya," kata Pahala di kantornya di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Pahala memaparkan, rencana penerbitan obligasi tersebut membuat Bank Mandiri akan melaporkan laporan kinerja keuangan kuartal I-2016 pada Mei 2016.

Pasalnya, ini terkait persyaratan penerbitan obligasi berupa laporan keuangan audited yang berlaku hingga bulan Agustus dan September 2016.

"Makanya, kami harus punya laporan keuangan audited yang berlaku sampai dengan Agustus sampai September nanti. Itu sebabnya kami lakukan audit untuk laporan keuangan di Maret supaya nanti laporan keuangannya valid sampai Agustus dan September," ujar Pahala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kebutuhan dana dari penerbitan obligasi tersebut tergantung dari pendapatan deposito.

"Mungkin saja Rp 5 triliun sampai Rp 10 triliun, tapi kebutuhannya tergantung Pak Pahala. Kebutuhannya tergantung deposito. Kalau deposito tumbuh, obligasinya tidak terlalu banyak. Kalau tidak tumbuh, obligasinya butuh banyak," jelas Tiko, panggilan akrab Kartika.

Kompas TV Tantangan Bank Mandiri dengan Dirut Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com