Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Kredit Modal Kerja dari BNI untuk Semen Indonesia 8,75 Persen

Kompas.com - 22/04/2016, 14:20 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan Kredit Modal Kerja (KMK) senilai Rp 1 triliun dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan tenor satu tahun dan bunga sebesar 8,75 persen.

Direktur Utama Semen Indonesia Suparni mengatakan, fasilitas KMK ini akan digunakan untuk general purpose dan keperluan operasional perusahaan.  Kerja sama di bidang finansial dengan BNI ini merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN bidang jasa keuangan dengan sektor industri rill.

"KMK ini untuk pengembangan perusahaan terkait proyek di Rembang dan proyek baru di Aceh, keduanya memiliki kapasitas produksi 3 juta ton per tahun," ujar Suparni kepada wartawan usai penandatanganan fasilitas kredit di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Saat ini Semen Indonesia sedang menyelesaikan pembangunan dua pabrik semen terintegrasi di Rembang, Jawa Tengah dan Indarung VI, Padang Sumatera Barat.

Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta mengungkapkan, Semen Indonesia merupakan salah satu nasabah potensial BNI, dimana SMGR sudah menjadi nasabah BNI sejak tahun 1995.

Dalam rangka meningkatkan sinergi BUMN antara BNI dan SMGR, BNI telah melakukan berbagai kerjasama, selain pemberian fasilitas kredit baik cash loan maupun non cash loan kepada holding dan grup usahanya.

Selain melakukan kerjasama dengan Semen Indonesia Group, BNI juga menjalin kerjasama dengan Mitra Korporat Semen Indonesia Group dalam bentuk pemberian fasilitas kredit kepada supplier dan distributor Semen Indonesia atau yang dikenal dengan supply chain financing (SCF).

"BNI dan Semen Indonesia sama-sama melikiki potensi yang besar, apabila disinergikan dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua," pungkas Herry.

Kompas TV Rasio Kredit Bermasalah BNI Meningkat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com