Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak Bandara Soekarno-Hatta, Rizal Ramli Dapat Komplain Turis Soal Visa

Kompas.com - 25/04/2016, 12:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli melakukan sidak terkait kebijakan penerapan bebas visa di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (25/4/2016).

Usai sidak, Rizal mengungkapkan bahwa kebijakan bebas visa belum berjalan dengan baik.

Bahkan, ia menemukan sejumlah turis asing masih membayar 30 dollar AS untuk visa on arrival di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Tadi kami datangi beberapa, ketemu dengan turis dan memang banyak yang belum ngerti tetap bayar 30 dollar AS," ujar Rizal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain menemukan banyak turis yang belum mengetahui kebijakan bebas visa, Rizal juga menemukan sejumlah turis yang komplain lantaran masih harus membayar Visa on arrival.

"Ada yang ngerti komplain, kok masih ditagih," kata Rizal.

Menurut Rizal belum berjalannya kebijakan bebas visa diakibatkan kurangnya sosialisasi. Usai sidak itu ia pun langsung memerintahkan jajarannya, termasuk Kementerian Luar Negeri untuk lebih gencar mensosialisasikan kebijakan bebas visa.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia sudah memproses 169 negara agar menerapkan resiprokal visa untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia (bebas visa).(Baca: Inilah Daftar Negara yang Bebas Visa Berkunjung ke Indonesia)

Pada 2015 sudah diberlakukan bebas visa untuk wisman dari 45 negara dan berkembang pada Oktober menjadi 90 negara dan tahun 2016 total ada 169 negara yang bebas visa saat berkunjung ke Indonesia.

Kompas TV Indonesia Coret 10 Negara dari Daftar Bebas Visa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com