Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan-pesan Dirut KAI untuk Penumpang Kereta Lebaran

Kompas.com - 29/04/2016, 17:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Edi Sukmoro menyampaikan pesan-pesan untuk calon penumpang angkutan kereta api lebaran 2016.

Pertama, Edi mengimbau calon penumpang tidak membawa perhiasan yang berlebih karena akan merepotkan petugas KAI mencari jika perhiasan itu hilang.

Kedua, Ia meminta penumpang agar tidak membawa koper terlalu banyak. Jika terlalu banyak kereta akan penuh sesak dengan tas dan koper sehingga menggagu kenyamanan penumpang lain.

"Saya juga minta penumpang datang sebelum jadwal, ini untuk antisipasi ketinggalan kereta, karena tahun lalu masih ada saja penumpang yang telat dan ketinggalan kereta," ujar Edi Sukmoro saat konferensi pers angkutan lebaran 2016 di stasiun gambir Jakarta, Jumat (29/4/2015).

Selanjutnya, Edi juga meminta penumpang mencetak tiket jangan terlalu mepet pada jadwal keberangkatan.

Ini bertujuan untuk menghindari kepadatan penumpang pada saat mencetak tiket.

"Penumpang juga jangan membawa binatang, itu sangat berisiko. Kemarin ada yang bawa ular, kalau ularnya diam saja sih gak papa tapi kemarin itu lepas sehingga itu mengganggu penumpang lain," ucapnya.

Terakhir, Edi memperingatkan penumpang untuk tidak membawa narkoba ke dalam kereta.

Sementara itu, Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI Slamet Suseno Priyanto mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan polri maupun TNI untuk mengamankan stasiun saat mudik lebaran 2016.

Sebanyak 4.223 anggota gabungan polri dan TNI rencananya akan diturunkan untuk pengamanan stasiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com