Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Menguat Enam Perdagangan Berturut-Turut

Kompas.com - 03/05/2016, 11:31 WIB
Aprillia Ika

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit menguat pada Senin (2/5/2016) waktu setempat atau Selasa (3/5/2106) dini hari WIB.

Dengan demikian, penguatan ini memperpanjang keuntungan untuk hari keenam perdagangan berturut-turut.

Menurut Xinhua, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni naik 5,30 dollar AS, atau 0,41 persen, menjadi menetap di 1.295,80 dollar AS per ounce.

Pasar logam mulia di London dan Tiongkok ditutup pada Senin untuk liburan umum, sementara volume perdagangan di pasar logam mulia di COMEX sangat tipis.

Para analis mengaitkan kenaikan emas berjangka terhadap dollar AS yang melemah. Dollar AS menurun terhadap mata uang utama lainnya pada Senin.

Di sisi ekonomi, indeks manufaktur AS tercatat 50,8 pada April, menurun satu poin dari angka Maret di 51,8, lembaga riset Institute for Supply Management (ISM) mengatakan dalam sebuah laporan Senin.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Juli merosot 13,70 sen, atau 0,77 persen, menjadi ditutup pada 17,682 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik 8,00 dollar AS, atau 0,74 persen, menjadi ditutup pada 1.086,40 dollar AS per ounce.

Kompas TV Sampai Kapan Harga Emas Naik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com