Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Industri Gula Nasional, BRI Kucurkan Kredit Rp 993 Miliar ke PTPN XI

Kompas.com - 03/05/2016, 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memberikan fasilitas kredit kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI senilai Rp 993 miliar.

Kredit tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan produksi gula dari hulu ke hilir, yakni dari tebu ditanam sampai dengan tebu dijual.

Secara umum, pemberian fasilitas kredit ini bertujuan untuk menjamin rantai pasokan bahan baku tebu petani. Di saming itu juga untuk mempertahankan tingkat kapasitas produksi gula agar tetap optimal.

Penanda tangan akad kredit dilakukan oleh Wakil Direktur Utama BRI, Sunarso, dan Direktur Utama PTPN XI, Dolly P Pulungan, bertempat di Pabrik Gula (PG) Pagotan, Ds Kradegan, Madiun.

Sunarso mengatakan dengan fasilitas tersebut, total kredit yang telah disalurkan oleh Bank BRI kepada PTPN XI menjadi Rp 1,72 triliun.

"Sedangkan penyaluran pembiayaan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor produksi gula, secara keseluruhan berjumlah Rp 4,12 triliun," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (3/5/2016).

Dari fasilitas pinjaman Rp 993 miliar tersebut, BRI menyalurkan kredit dalam bentuk modal kerja talangan on farm tebu petani sebesar Rp 300 miliar, modal kerja talangan gula petani sebesar Rp 350 miliar dan kredit investasi belanja modal Rp 343 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com