Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasabah Pensiunan BTPN di Manado Capai 9.500 Orang

Kompas.com - 04/05/2016, 13:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Kantor cabang PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) mencatat jumlah nasabah pensiunan mencapai 9.500 orang.

Dari jumlah tersebut, komposisi terbesar adalah pensiunan PNS yang dikelola Taspen, yakni mencapai 80 persen. Adapun sisanya adalah pensiunan TNI yang dikelola Asabri maupun BUMN.

Selain melayani pembayaran uang pensiunan, BTPN juga menyediakan layanan penyaluran kredit alias pembiayaan kepada para nasabah pensiunan tersebut. Sehingga, para pensiunan dapat memulai dan mengembangkan usaha sendiri.

"Pembiayaan yang kecil, misalnya untuk yang usaha kue, toko, atau kos-kosan," kata Regional Sales Head Indonesia Bagian Timur BTPN Irradatie Pierenika kepada Kompas.com di Manado, Rabu (4/5/2016).

Plafon pembiayaan yang diberikan bervariasi, antara Rp 20 juta hingga maksimal Rp 20 juta. Perseroan mengarahkan pembiayaan tersebut ke sektor produktif.

BTPN juga memberikan berbagai program kepada nasabah pensiunan. Di kantor BTPN Manado, nasabah pensiunan dapat memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan secara cuma-cuma.

Mereka juga diberikan beragam pembekalan, seperti seminar kesehatan maupun wirausaha.

"Kegiatan kebanyakan dari nasabah untuk nasabah juga. Ada sharing kegiatan usaha, olahraga, kunjungan kedukaan, membesuk yang sakit. Mereka juga kunjungan ke kantor cabang di kota untuk melihat kegiatan di sana."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com