Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Beralih ke "Online", Pendapatan Alibaba Mencuat 39 Persen

Kompas.com - 06/05/2016, 14:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

BEIJING, KOMPAS.com - Perusahaan perdagangan online terbesar di China, Alibaba, menyatakan pendapatan naik 39 persen, melampau estimasi Wall Street. Peningkatan ini didorong volume perdagangan bruto.

Pendapatan Alibaba mencuat menjadi 24,2 miliar yuan atau setara 3,7 miliar dollar AS pada kuartal yang berakhir pada 31 Maret 2016 dibandingkan 17,4 miliar yuan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Para analis memperkirakan pendapatan Alibaba hanya 23,22 miliar yuan.

"Apapun yang mereka lakukan pasti berjalan. Yang paling penting adalah ini merupakan sinyal bahwa konsumen di China belum mengalami pelemahan (daya beli)," kata Gil Luria, analis dari Wedbush Securities. Volume perdagangan bruto atau total nilai transaksi barang di Alibaba mencatat peningkatan sebesar 24 persen menjadi 742 miliar yuan.

"Alibaba merepresentasikan bagian besar belanja oleh konsumen China dan reakselerasi volume adalah indikasi bahwa konsumen di China masih terus kuat," jelas Luria.

Alibaba pun juga terimbas perlambatan ekonomi di China. Namun demikian, Alibaba menyatakan akan memperluas ekspansi bisnisnya hingga ke Asia Tenggara.

Bulan lalu, Alibaba berencana membeli peritel online Asia Tenggara, Lazada Group seharga 1 miliar dollar AS. Volume perdagangan bruto online Alibaba pun terus tumbuh, menyumbang 73 persen dari volume perdagangan bruto keseluruhan.

Jumlah pengguna aktif mobile bulanan pun naik 42 persen menjadi 410 juta pengguna.

Kompas TV Ekonomi Digital Butuh Aturan Jelas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com