Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Sebut Indonesia AirAsia akan Merger dengan AirAsia X

Kompas.com - 10/05/2016, 19:45 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan keterangan Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan Indonesia AirAsia masih mencatatkan ekuitas yang negatif.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo mengungkapkan, terkait dengan hal itu Indonesia AirAsia sudah memutuskan untuk merger dengan Indonesia AirAsia Ekstra atau AirAsia X.

"Belum kita sarankan, sudah mau merger," ujar Suprasetyo di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Ia mangatakan, maskapai Indonesia AirAsia sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Kemenhub terkait rencana merger tersebut pada pekan lalu.

Saat ini, kata Suprasetyo, surat tersebut sudah ada di Direktorat Angkutan Udara untuk ditindaklanjuti. Nantinya, pesawat-pesawat Indonesia AirAsia akan menggunaan nama Indonesia AirAsia X.

Meski Indonesia AirAsia merupakan induk perusahaan Indonesia AirAsia X, Kemenhub tidak mempersoalkanya.

Dikonfirmasi mengenai informasi ini, Head of Corporate Communication Indonesia AirAsia Baskoro Adiwiyono belum memberikan jawabannya.

Sebelumnya juga sempat beredar kabar bahwa Indonesia AirAsia akan merger dengan Thai AirAsia.

(Baca: Indonesia AirAsia dan Thai AirAsia Berencana Dimerger)

Menanggapi kabar tersebut Baskoro menyatakan tak mau berkomentar.

Dari catatan Kompas.com, tahun lalu, kabar bersatunya Indonesia AirAsia dan Indonesia AirAsia Ekstra sudah santer diberitakan. Namun lantaran ada suntikan modal kepada Indonesia AirAsia, rencana tersebut urung terlaksana.

Pada Oktober 2015, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa maskapai yang dimiliki olah Tony Fernandes tersebut telah punya modal yang positif setelah pada laporan keuangan April 2015 dinyatakan memiliki modal yang negatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com