Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Barat Dapat Bantuan 1,5 Ton Benih Kedelai Bersubsidi

Kompas.com - 11/05/2016, 07:01 WIB

SORONG, KOMPAS.com - Provinsi Papua Barat tahun ini mendapatkan bantuan 1,5 ton benih kedelai bersubsidi dari pemerintah pusat guna meningkatkan produksi kedelai daerah itu.

"Benih kedelai bersubsidi itu disalurkan oleh dua BUMN yakni PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri (SHS)," kata Direksi SDM PT Sang Hyang Seri Saiful di Sorong, Rabu (11/5/2016) waktu setempat.

Dia mengatakan, PT Pertani akan menyalurkan 50 persen dan PT Sang Hyang Seri menyalurkan 50 persen benih kedelai bersubsidi bagi petani di Provinsi Papua barat.

Harga benih kedelai yang berkualitas sekitar Rp 12.000 per kilogram namun di subsidi pemerintah sehingga petani hanya membayar Rp 4.000 per kilogram.

Ia mengatakan, benih kedelai bersubsidi ini akan disalurkan kepada petani Provinsi Papua Barat apabila ada usulan permintaan pembelian petani dari pemerintah setempat sesuai ketentuan yang berlaku.

"Pada 2015 Provinsi Papua Barat juga mendapatkan bantuan 1,5 ton benih kedelai bersubsidi namun sampai akhir tahun tidak ada usulan permintaan pembelian petani dari pemerintah daerah sehingga tidak disalurkan," ujarnya.

Saiful berharap Pemerintah Provinsi Papua Barat segera mengusulkan permintaan pembelian oleh petani sehingga benih bersubsidi tersebut dapat disalurkan 100 persen tahun ini.

Kompas TV Produsen Tahu di Solo Lebih Memilih Kedelai Impor


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com