Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Forum Smart City 2016 Akan Diadakan di Surabaya

Kompas.com - 11/05/2016, 09:55 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah perhelatan Forum Smart City Ke-2. Kota ini akan menjadi penyelenggara Smart Indonesia Initiatives Forum pada 20-21 Juli 2016 mendatang.

“Kami mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyelenggarakan ajang ini. Beliau berjanji membantu semaksimal mungkin acara ini berjalan sukses nanti," kata Ketua Forum Smart City Indonesia Suhono Harso Supangkat di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Menurut dia, Wali Kota Surabaya Risma juga akan menjamu para tamu nanti melalui Welcome Dinner pada 20 juli 2016 di Balaikota. Sejumlah wali kota dan bupati juga akan hadir di ajang ini.

Forum Smart City memilih Kota Surabaya untuk ajang bergengsi tersebut karena kota ini menjadi salah satu pionir pembangunan digitalisasi daerah melalui proses bisnis yang lebih efisien dan efektif.

"Banyak penghargaan telah diterima oleh Surabaya karena prestasinya. Tahun 2015, Surabaya menerima penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia dengan nilai tertinggi untuk kota dengan penduduk lebih besar dari 1 juta jiwa,” jelasnya.

Suhono dalam keterangannya menjelaskan, forum tahunan ini adalah suatu ajang diskusi, pertukaraan pengalaman dalam membangun Kota Cerdas baik dari kalangan pemerintahan, universitas, industri, maupun komunitas.

Forum ini juga mengundang makalah melalui call for papers yang dibuka hingga akhir bulan ini melalui https://eii-forum.or.id. Dalam rangkaian ini juga dilakukan forum prakarsa e-Indonesia yang telah dilakukan ke-12 kali dan yang melahirkan forum prakarsa kota maupun kabupaten cerdas.
 
Dalam forum kedua ini akan dibahas berbagai hal, termasuk regulasi peningkatan layanan kota mulai dari jaringan informasi, kesehatan, energi, gas, transportasi, maupun terkait infrastruktur lainnya.

"Di forum pertama menghasilkan awareness tentang perlunya suatu model atau framework pembangunan smart city ke stakeholder. Hasilnya, ada Garuda Smart City Model yang coba disosialisasikan pada tahun pertama lalu,” kata Suhono.

Menurut dia, forum Smart City lumayan efektif dalam meningkatkan kesadaran membangun smart city baik regulasi, kerja sama antar-kota/kabupaten, desa, provinsi, maupun pemerintah pusat sehingga terjadi efisiensi dan kandungan lokal yang maksimal.

“Kami ingin tingkatkan lagi level dari awareness dengan mengundang pembicara dari luar negeri, termasuk Senseable City MIT, agar bisa melihat best practice,” tutupnya.

Kompas TV Realisasi Jakarta Smart City Terus Dimaksimalkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com