Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Syariah Indonesia Masih Kalah dengan Malaysia

Kompas.com - 16/05/2016, 18:47 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad menilai perbankan syariah Indonesia masih kalah dengan Malaysia. Dalam pengamatannya, kini market share perbankan syariah masih di bawah lima persen.

Sementara, di Malaysia, market share perbankan syariahnya sebesar 20-40 persen. "Kalau di Malaysia kan share-nya 20-40 persen. Artinya gini potensinya (perbankan syariah) besar, cuma tinggal tingkatkan kemampuan kita saja," ujarnya saat diwawancarai di Acara Annual Meeting Islamic Development Bank, di Jakarta, Senin (16/5/2016).

Menurut dia untuk meningkatkan market share perbankan syariah harus terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan awareness mengenai industri perbankan syariah. Selain itu, katanya, OJK saat ini juga telah meluncurkan peta jalan atau roadmap keuangan syariah yang berisikan strategi dalam lima tahun ke depan bagi pelaku dan regulator terkait. "Kita terus dorong. Sekarang yang diperlukan jumlah nasabah diperbanyak, dan sosialisasi juga harus diperluas. Dalam roadmap juga aturannya juga sudah lengkap," ucapnya.

Walaupun market share  perbankan syariah belum baik, Muliaman optimistis dengan perkembangan perbankan syariah. Ia yakin, perbankan syariah bisa tumbuh berkembang.

Aapalagi Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar. Ia menargetkan tahun ini market share perbankan syariah bisa tumbuh di atas lima persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com