Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahana Securities Estimasi IHSG dan Rupiah Cenderung Menguat Hari Ini

Kompas.com - 17/05/2016, 08:30 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bahana Securities mengestimasi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (17/5/2016) akan bervariasi cenderung menguat di kisaran 4.720-4.780.

"Saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain ADHI, ERAA, EXCL, HRUM, dan SSIA," tulis Bahana melalui analisis teknikalnya ke Kompas.com.

Sementara itu, pada perdagangan hari ini rupiah juga diestimasi menguat, bergerak dikisaran 13.250-13.350. Pada Jumat (13/5/2016) lalu, rupiah ditutup menguat di level 13.310.

Sebelumnya pada perdagangan Jumat, IHSG ditutup turun 30 poin (-0,63 persen) ke level 4.731,56 dengan nilai transaksi di pasar reguler sebesar Rp 3,9 triliun.

Penurunan terjadi setelah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) melaporkan laporan keuangan kinerja kuartal I 2016 yang kurang baik, yang akan berdampak kepada sektor perbankan lainnya.

Sebanyak 7 sektor mengalami penurunan dipimpin sektor aneka industri dan konsumer sementara hanya sektor infrastruktur dan pertambangan yang mengalami kenaikan.

Sebanyak 123 saham mengalami kenaikan, 171 saham mengalami penurunan, 93 saham tidak mengalami perubahan dan 211 saham tidak mengalami perdagangan.

Saham-saham yang menjadi pemberat bursa antara lain saham CPIN, UNVR, BMRI, dan SCMA dimana asing tercatat melakukan net buy di pasar reguler sebesar Rp 1 miliar.

Sementara saham-saham yang banyak dijual asing antara lain saham TLKM, WSKT, BBRI, GGRM, dan TBIG.

"Secara teknikal, indeks turun dan test support MA100 namun volume rendah. Stochastic, RSI dan MACD negatif. Dengan demikian hari ini IHSG diperkirakan akan bergerak mixed cenderung menguat dikisaran 4.720-4.780," tulis Bahana.

Kompas TV Pelambatan Ekonomi "Ganjal" Bursa Saham?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com