Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditjen Pajak Himbau Masyarakat Waspada Penipuan

Kompas.com - 19/05/2016, 05:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan menghimbau masyarakat untuk waspada atas penipuan yang mengatasnamakan Ditjen Pajak.

Dalam keterangannya, Ditjen Pajak menyatakan tidak menjual produk atau layanan apapun kepada masyarakat wajb pajak atau instansi pemerintah.

Ditjen Pajak mengumumkan hal ini dalam pengumuman Nomor: PENG-01/01/PJ.09/2016 Tentang penipuan yang Mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak.

Pengumuman ini sehubungan dengan berbagai upaya penipuan yang mengatasnamakan Ditjen Pajak.

"Ditjen Pajak tidak menawarkan, mengimbau, meminta, atau memerintahkan kepada masyarakat wajib pajak ataupun instansi pemerintah lainnya untuk membeli atau memiliki buku, brosur atau produk lain apapun yang terkait perpajakan dengan membayar biaya apapun (ongkos kirim, ongkos cetak, biaya administrasi, dan sebagainya) atau untuk mengikuti workshop, seminar, atau kegiatan lainnya yang berbayar atau dipungut biaya," tulis keterangan Ditjen Pajak.

Dalam keterangan yang ditandatangani oleh Plh Direktur, Anita Widianti, juga menyatakan bahwa Ditjen Pajak tidak menawarkan, mengimbau, meminta, atau memerintahkan wajib pajak untuk menyetorkan pembayaran pajak ke rekening atas nama pribadi, perusahaan, atau instansi apapun.

"Seluruh pelayanan yang disediakan Ditjen Pajak diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Seluruh pembayaran pajak dilakukan melalui sistem elektronik E-billing atau Surat Setoran Pajak pada Bank Persepsi atau Kantor Pos tertentu," lanjut keterangan ini.

"Selanjutnya agar masyarakat selalu berhati-hati dan silahkan melakukan konfirmasi dan melaporkan ke Kantor Wilayah DJP atau Kantor Pelayanan Pajak terdekat atau Kring Pajak 1500200 jika memperoleh surat, telepon, atau SMS yang mengatasnamakan Ditjen Pajak," lanjut Ditjen Pajak.

Kompas TV Dirjen Pajak Minta Pengamanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com