Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Mengkaji Penyesuaian Tiga Kebijakan Makroprudensial Ini

Kompas.com - 19/05/2016, 20:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan sedang melakukan kajian tentang kemungkinan penyesuaian kebijakan makroprudensial.

Penyesuaian ini diharapkan mampu meneruskan momen pertumbuhan ekonomi.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, salah satu kebijakan yang akan disesuaikan adalah kebijakan Loan To Value (LTV).

Ia mengatakan, aturan LTV sudah siap dilakukan penyesuaian dengan tetap memperhatikan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) perbankan.

"Kita akan tawarkan dengan tetap menjaga kesehatan, misalnya bank yang mempunyai rasio NPL di bawah lima persen itu nanti akan diberikan kesempatan untuk menyesuaikan growth to value tetapi tentu kajiannya luas dan dalam," kata Agus di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Aturan lain yang akan dilakukan penyesuaian terhadap aturan Loan to Funding Ratio (LFR). Saat ini LFR yang ditetapkan BI adalah pada rentang 78 persen sampai dengan 92 persen.

"Ini juga akan dikaji untuk juga memberikan pesan yang tepat kepada perbankan apabila mereka akan melakukan peningkatan sehingga nanti bisa memperoleh stimulus," ujar Agus.

Aturan makroprudensial lain yang sedang dalam tahap penyesuaian adalah rasio kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Namun, pembahasan aturan ini masih perlu dimatangkan.

"Kita tahu bahwa ratio UMKM itu ada minimum, nah itu perlu ditingkatkan. Mungkin memerlukan penyesuaian itu lingkupnya seperti apa sekarang kita sedang matangkan," terang Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com