Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawal Dana Bergulir, Kemenkop UKM Optimalkan Peran Satgas Monitoring

Kompas.com - 27/05/2016, 18:53 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kementerian Koperasi dan UKM membentuk Satuan Tugas (Satgas) Monitoring dan Evaluasi di daerah dalam rangka mengawal dana bergulir yang disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)

Direktur Utama LPDB Kemas Danial menyebut, Satgas Monitoring dibentuk dalam rangka mengawal dana yang sudah dicairkan kepada koperasi dan usaha kecil menengah.

"Satgas dibentuk untuk mengawal dana yang sudah dicairkan kepada koperasi dan UKM, serta membantu verifikasi proposal yang akan disampaikan kepada tim ots (on the spot) dalam hal ini intinya tim mengunjungi ukm ke lapangan melihat ushanya apa sesuai dengan usulannya dan resikonya," ujar Dirut LPDB Kemas Danial kepada Kompas.com, Jumat (27/05/2016).

Kemas menambahkan, tugas dari satgas tersebut juga melakukan bantuan pendampingan dan memberi informasi dalam hal pembuatan proposal pengajuan dana bergulir.

Terkait operasional Satgas Monitoring LPDB dimulai bulan Juni 2016 di dua wilayah Indonesia timur dan barat.

"Operasionalnya dimulai dari Juni 2016, dan dimulai wilayah timur yaitu Makasar dan wilayah barat di Solo," tambah Kemas.

Kemenkop UKM berharap, tujuan dan harapan pembentukan satgas membantu percepatan pelayanan, dengan harapan dapat menekan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL).

Sementara itu, sampai dengan 20 Mei 2016, LPDB telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 7,28 triliun kepada lebih dari 150 ribu UMKM melalui 4.151 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com