Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koperasi Digital Akan Pasok Kebutuhan Digital Indonesia

Kompas.com - 27/05/2016, 18:54 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari mengapresiasi langkah Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mendirikan Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri.

"Indonesia memang sedang membutuhkan hadirnya koperasi seperti ini yang mampu memproduksi barang atau jasa secara konkrit. Koperasi digital merupakan koperasi yang mampu mengolah produk-produk digital. Selama ini, yang selalu muncul adalah koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam," ujar Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul kepada wartawan di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Choirul menambahkan, koperasi di Indonesia memang membutuhkan sentuhan modernisasi dan konektivitas secara vertikal dan horizontal.

"Di bidang device, koperasi digital akan memiliki brand smartphone sendiri yang kemudian aplikasi-aplikasinya akan diisi secara prioritas untuk aplikasi lokal," ungkap Choirul.

Ketua Umum Mastel Kristiono menambahkan bahwa Koperasi Digital juga fokus di bidang Network dengan menyiapkan peluncuran satelit untuk Indonesia.

Pengelolaan satelit dan pelayanan pelanggannya akan dilakukan oleh seluruh penyelenggara jasa internet yang sudah ada dan saat ini berada di bawah APJII.

"Di awal ini, koperasi sedang merampungkan kemitraan dengan berbagai pihak guna menyiapkan layanan bagi anggota dan ditargetkan dalam waktu cepat akan rampung. Sehingga, koperasi akan siap menerima anggota baru secara online mulai 1 Juli 2016," papar Kristiono.

Kristiono menambahkan, koperasi digital juga akan mengadakan program akses internet 'Bayar 1 kali Internet Gratis 17 Tahun', atau disebut program (B1G-17).

Kristiono berharap dalam 10 tahun ke depan, koperasi akan dapat menguasai 30 persen pangsa pasar smartphone, 70 persen pangsa pasar aplikasi, dan 50 persen pangsa pasar satelit.

"Ini semua untuk dinikmati bersama oleh jutaan anggota koperasi bersama mitra koperasi," pungkas Kristiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com