Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Hibah 22 Juta Dollar AS untuk Pengelolaan Hutan Indonesia

Kompas.com - 29/05/2016, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank Dunia menyetujui bantuan hibah 22 juta dollar AS kepada Indonesia untuk memperkuat pengelolaan hutan tropis, pengentasan kemiskinan masyarakat yang bergantung pada hutan, dan menekan kerusakan lingkungan.

Badan Pembangunan Internasional Denmark DANIDA memberikan kontribusi senilai 40 juta kroner atau 5 juta dollar AS ke total hibah yang dibiayai oleh inisiatif global Forest Investment Program (FIP), atau Program Investasi Hutan.

Hibah ini ditujukan untuk membantu Badan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

Saat ini implementasi program KPH terhambat peraturan yang tumpang tindih, kapasitas terbatas di beberapa tingkat, kurangnya investasi dan pembiayaan, serta informasi yang tidak konsisten.

Program baru ini bertujuan mendukung KPH dengan memperkuat keahlian pemerintah daerah, organisasi masyarakat, pemegang izin pengelolaan hutan dan mempererat kemitraan di antara mereka.

Program ini juga bertujuan mengatasi keterbatasan regulasi dan peraturan yang selama ini mempengaruhi kinerja KPH.

“Masyarakat yang hidup dekat hutan sangat bergantung pada kawasan hutan untuk mata pencaharian dan mereka termasuk yang paling miskin di Indonesia," kata Rodrigo Chaves, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia.

Program Investasi Hutan, imbuh Chaves, menawarkan kesempatan untuk memperbaiki penghasilan mereka melalui pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik.

Program ini juga akan mendukung pembentukan sistem informasi guna memfasilitasi para pemangku kepentingan untuk saling bertukar pikiran dan belajar dari keberhasilan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com