Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danamon Kembangkan Fasilitas Transaksi Keuangan Tanpa Kartu ATM

Kompas.com - 30/05/2016, 20:35 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk meluncurkan fitur ponsel D-Cash yang memungkinkan nasabah Danamon pengguna aplikasi mobile banking D-Mobile untuk memberikan uang tunai ke calon penerima tanpa menggunakan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Direktur Consumer & SME Banking Danamon, Michellina Triwardhani mengatakan, transaksi D-Cash bisa digunakan nasabah yang telah memiliki aplikasi D-Cash untuk mengirimkan sejumlah dana yang diminta calon penerima meskipun calon penerima tak memiliki ATM dan juga bukan nasabah Danamon. "Ini untuk memudahkan para nasabah melakukan transaksi. Tidak perlu kartu, tidak perlu nomor rekening, nasabah bisa bertransaksi dengan handphone hanya dengan cara memasukan nomor handphone pengirim dan penerima," ujar Michellina kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Sementara, E-Channel & Consumer Lending Head Danamon Djamin Nainggolan menuturkan, alasan Danamon meluncurkan aplikasi D-Cash karena jumlah penduduk yang mencapai 256 juta jiwa, dengan jumlah ponsel yang beredar sebanyak 308 juta nomor ponsel, menjadi potensi yang cukup besar untuk Danamon meraup keuntungan. "Nasabah Danamon bisa kasih uang via nomor ponsel ke orang yang sekalipun bukan nasabah Danamon, orang yang dituju tersebut tidak perlu punya rekening dan tidak perlu mengunduh aplikasi apapun," tutur Djamin.

Dalam hal ini, Djamin mencoba menjelaskan cara penarikan uang yang bisa dilakukan di ATM Danamon berlogo D-cash tanpa menggunakan kartu. Langkah pertama, untuk pengirim perlu mengunduh aplikasi D-cash, ketik nomor handphone yang dituju, masukan jumlah yang ingin diberikan, dan memasukan passcode yang tertera untuk selanjutnya passcode tersebut diberitahukan kepada penerima. "Fungsi passcode ini supaya uang yang dikirimkan nasabah Danamon sampai kepada penerima," terangnya.

Untuk penerima lanjut Djamin, langkah pengambilan yang harus diperhatikan yakni, penerima harus menerima notifikasi nomor telepon pengirim terlebih dahulu, selanjutnya memastikan besaran jumlah uang yang dikirim dari pengirim, lalu penerima mendatangi ATM yang bertanda D-Cash lalu pilih menu tarik tunai tanpa kartu dan ikuti instruksi.

Djamin menyebutkan, maksimum pengambilan uang di ATM D-Cash maksimal 120 menit atau dua jam. Jika setelah dua jam penerima tak juga mengambil uang yang dikirim,  uang tersebut akan kembali ke pengirim. "Yang berhubungan dengan kenyamanan harus dibarengi dengan keamanan, sebetulnya waktu yang dua jam bisa ditingkatkan. Tapi saat ini masih dibatasi dulu. Kalau dua jam uang tidak diambil, uang akan kembali ke pengirim. Maksimal pengiriman saat ini masih di Rp 1.000.000 dan minimum Rp 100.000," kata Djamin.

Djamin menargetkan pihaknya bisa melakukan transaksi D-Cash minimal 100.000 transaksi setiap hari. Namun demikian, ketika ditanya berapa target perolehan dan investasi yang digelontorkan untuk menciptakan dan mengelola D-Cash, pihaknya masih enggan menyebutkannya. "Kita tidak bisa share nilai investasinya, berapa biaya pengirimannya juga belum bisa kita sebutkan, yang pasti transaksi ini bisa dilakukan di 1.246 unit ATM Danamon berlogo D-Cash yang tersebar di seluruh Indonesia," pungkas Djamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com