Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Bank Indonesia Mulai Antisipasi Melonjaknya Penukaran Uang Pecahan

Kompas.com - 31/05/2016, 12:04 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Menjelang Bulan Ramadhan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) menyediakan uang pecahan. Hal itu untuk mengantisipasi meningkatkan penukaran uang oleh masyarakat.

"Bank Indonesia juga mengantisipasi pemenuhan kebutuhan uang pecahan. Biasanya kebutuhan uang pecahan itu menjadi meningkat menjelang lebaran," kata Deputi Kepala Perwakilan Tim Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Jaka Setiawan usai menghadiri Seminar UKM di Hotel Tretes Raya, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (30/5/2016).

Dijelaskannya, nilai rupiah pecahan yang disediakan Pewakilan Bank Indonesia Malang meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya. Yakni Rp 2,5 trilliun.

"Tahun ini kami sudah menambah stok uang pecahan itu. Peningkatannya sebanyak 10 persen ketimbang tahun lalu. Dalam hal ini kisarannya Rp 2,5 trilliun," katanya.

Nilai uang pecahan sebanyak itu bakal disebar ke tujuh kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah kerja Perwakilan Bank Indonesia Malang. Yakni Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan.

Selain itu juga ada Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo. Pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan seluruh bank untuk menerima layanan penukaran uang tersebut.

"Untuk penukarannya sendiri kami sudah berkomunikasi dengan seluruh bank. Dan mereka semuanya sanggup dan mendukung program penukaran uang dari bank-bank. Jadi bank-bank itu membuat otlet penukaran uang," jelasnya.

Tidak hanya itu, Perwakilan BI Malang juga menyediakan layanan penukaran keliling. Biasanya layanan itu dikirim ke lokasi-lokasi kerumunan massa seperti pasar.

Untuk uang pecahan yang biasanya banyak diburu masyarakat, Jaka menyebut kebanyakan uang pecahan dari Rp 20.000 kebawah.

Namun pihaknya juga menyediakan uang pecahan diatas nilai Rp 20.000. "Biasanya kalau lebaran Rp 20.000 kebawah. Tapi tidak menutup kemungkinan pecahan besar pun kita sediakan," ungkapnya.

Kompas TV Uang Beredar Per 3 Mei Capai Rp 530 T

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com